Penyakit Kanker Hati

Kanker hati adalah suatu kanker yang timbul dari hati. Kanker hati juga dikenal sebagai kanker hati primer atau hepatoma.

Hati berbentuk dari tipe-tipe sel yang berbeda, misalnya pembuluh-pembuluh darah, dan sel-sel penyimpanan lemak. Sel-sel hati membentuk hingga 80 persen dari jaringan hati. Tak heran jika mayoritas dari kanker-kanker hati primer muncul dari sel-sel hati dan disebut dengan istilah kanker hepatoselular atau karsinoma.

Struktur Organ Hati

Kanker hati juga sering dipahami sebagai kanker yang telah menyebar ke hati, dan berasal dari organ-organ lain, seperti besar, lambung, pancreas, payudara dan paru-paru. Tipikal kanker hati ini secara khusus disebut kanker hati metastatic hati sekunder. Jadi, istilah kanker hati sebenarnya bisa merujuk pula pada kanker hati metastatic atau kanker hepatoselular.

Kanker hati adalah jenis kanker kelima paling umum di dunia. Kanker ini adalah kanker yang mematikan dan bisa membunuh hampir semua penderitanya dalam waktu satu tahun.

Karakteristik Kanker Hati

Berdasarkan data klinis para penderita, maka kategori kanker hati mencakup :

1. Karakteristik-karakteristik populasi (demografis), seperti jenis kelamin laki-laki, umur yang lebih tua, atau konsumsi alcohol.

2. Gejala-gejala, seperti kehilangan berat badan dan nafsu makan yang berkurang.

3. Tanda-tanda gangguan fungsi hati, misalnya keadaan mental yang berubah.

4. Tes-tes darah, seperti tes hati yang meningkat (bilirubin atau transaminase), albumin yang berkurang, kenaikan Blood Urea Nitrogen (BUN), atau serum sodium yang rendah.

5. Tingkatan tumor berdasarkan penemuan-penemuan operasi. Misalnya, lebih dari satu tumor, tumor lebih dari tiga sentimeter, invasi tumor dari pembuluh-pembuluh darah local (vena portal atau vena hepatic), juga tumor yang menyebar keluar dari hati ke simpul-simpul limpa atau organ-organ lainnya.

Penentuan tingkatan kanker hati bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan memerhatikan penemuan-penemuan klinis maupun karakteristik-karekteristik patologis. Bahkan, dengan mengombinasikan elemen-elemen  klinis serta patologis. Penentuan tingkatan itulah yang menjadi petunjuk untuk meramalkan hasil akhir (prognosis) dan keputusan tentang perawatan

Waktu penggandaan untuk suatu kanker adalah masa yang diperlukan tumor untuk mengggandakan ukurannya. Untuk kanker hati, waktu penggandaan itu sangat bervariasi, berkisar antara 1 – 18 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa setiap penderita kanker hati adalah unik. Jadi, sulit untuk melakukan penilaian sejarah alami dan evaluasi dari perawatan yang berbeda.

Meskipun demikian, 90 persen penderita kanker hati dengan ukuran kurang dari tiga sentimeter dan tanpa perawatan bisa hidup untuk satu tahun, 50 persen untuk tiga tahun dan 20 perrsen untuk lima tahun. Sedangkan, 30 persen penderita kanker hati stadium lanjut akan hidup untuk satu tahun, 8 persen untuk tiga tahun, dan nol persen untuk lima tahun.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kanker Hati and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>